Menu Close

Tips Memilih Sabun Pembersih Wajah Sesuai Jenis Kulit

sabun pembersih wajah

Salah satu produk perawatan wajah yang tidak boleh dilupakan yaitu sabun pembersih wajah. Produk ini banyak tersedia macamnya di pasaran. Untuk mendapatkan sabun pembersih wajah yang sesuai, Anda harus mengetahui komposisi apa yang cocok dan tidak untuk jenis kulit Anda. 

Sebabnya karena setiap sabun pembersih wajah memiliki zat aktif spesifik yang memiliki fungsi untuk mengatasi masalah kulit masing-masing. Berikut ini beberapa tips memilih sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda, di antaranya:

Sabun Pembersih Wajah untuk Kulit Kering

Bagi Anda yang memiliki kulit kering, disarankan untuk memilih sabun pembersih wajah yang mengandung pelembap dan hindari memilih sabun dengan kandungan busa yang banyak. Kulit kering disebabkan sedikitnya kandungan pelembap di lapisan luar kulit. Anda yang memiliki kulit kering biasanya setelah mencuci muka kulit akan terasa kencang dan bersisik. Selain itu, kulit juga sering mengalami gatal, terasa kasar, timbul kulit pecah-pecah, serta terlihat kusam. Sabun pembersih wajah yang disarankan yaitu yang memiliki kandungan berikut ini:

  • Urea, yang dapat membantu mengurangi kehilangan kandungan air pada kulit
  • Vitamin E dan minyak jojoba, yang dapat melembapkan kulit tanpa membuat kulit terasa berminyak setelahnya
  • Gliserin, yang dapat menjaga kelembapan kulit agar tidak terasa kering

Sedangkan kandungan sabun pembersih wajah yang harus dihindari antara lain:

  • Asam salisilat dan asam glikolat, karena zat ini dapat menyerap minyak yang dibutuhkan kulit kering
  • SLS (sodium laureth sulfate), karena dapat menghilangkan minyak alami kulit
  • Bahan-bahan iritan, seperti alkohol, parfum atau pewangi tambahan, dan antibakteri karena bisa membuat kulit semakin kering dan dapat menimbulkan iritasi

Sabun Pembersih Wajah untuk Kulit Berminyak

Jenis kulit ini ditandai dengan pori-pori besar di sekitar hidung dan bawah mata, serta tingginya produksi minyak yang membuat kulit terlihat mengkilap. Kulit berminyak akan menimbulkan masalah kulit lainnya seperti jerawat dan komedo. 

Sabun pembersih wajah yang disarankan untuk kulit berminyak yaitu berbusa dan gel yang bebas minyak. Selain itu, pembersih wajah yang memiliki kandungan arang secara efektif dapat membersihkan wajah lebih dalam untuk membersihkan pori-pori. Kandungan sabun pembersih wajah lainnya yang disarankan antara lain:

  • Niacinamide, berfungsi untuk menyerap kandungan minyak berlebih, merangsang produksi kolagen alami, dan menyamarkan pori-pori besar
  • Retinol, berfungsi mengencangkan pori-pori, merangsang produksi kolagen, dan mengontrol minyak
  • Asam salisilat, asam glikolat, dan hyaluronic acid. Masing-masing berfungsi menyerap minyak dan mencegah penyumbatan dalam pori-pori, serta bertekstur ringan untuk menjaga kelembutan dan melembapkan kulit

Sedangkan sabun pembersih wajah yang harus dihindari yaitu yang memiliki kandungan minyak mineral, petrolatum, dan petroleum. Kandungan bahan ini memiliki sifat comedogenic, yaitu dapat menyumbat pori-pori sehingga bisa menimbulkan jerawat.

Sabun Pembersih Wajah untuk Kulit Sensitif

Memiliki kulit sensitif berarti Anda harus pintar memilih sabun pembersih wajah yang lembut dan bebas dari kandungan yang membuat iritasi. Kulit sensitif rentan mengalami iritasi dan mudah bereaksi terhadap zat-zat tertentu dalam produk perawatan wajah. 

Gejala iritasi yang bisa ditimbulkan yaitu berupa kulit kemerahan, rasa perih, sensasi seperti terbakar, serta terasa gatal. Beberapa tips memilih sabun pembersih wajah bagi pemilik kulit sensitif antara lain yaitu:

  • Memiliki label hipoalergenik atau tidak memiliki kandungan zat yang membuat alergi. Anda juga bisa memilih sabun dengan kandungan bahan-bahan yang menenangkan seperti lidah buaya, kulit pohon willow, dan witch hazel
  • Hindari memilih sabun pembersih wajah yang memiliki kandungan pewangi tambahan dan bahan pemicu iritasi seperti alkohol, sulfat, dan benzoil peroksida

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *