Menu Close

Tidak Hanya Mengandalkan Lacidofil, Cara Ini Juga Bisa Atasi Sembelit

suplemen lacidofil

Susah buang air besar atau sembelit adalah salah satu keluhan atau masalah pencernaan yang umum terjadi. Penyebab sembelit bisa bermacam-macam, mulai dari pola makan yang tidak sehat (kurang asupan serat), kurang minum air putih, jarang bergerak atau olahraga, hingga kebiasaan sering menahan buang air besar. Lacidofil merupakan salah satu obat yang dapat melancarkan fungsi pencernaan.

Lacidofil adalah suplemen untuk membantu memelihara kesehatan fungsi pencernaan. Obat ini merupakan produk konsumen yang dijuan secara bebas. Lacidofil mengandung zat aktif lactobacillus helveticus rosell-52, lactobacillus rhamnosus rosell-11. Aturan pakai dari Lacidofil adalah dengan dikonsumsi bersama makanan, dapat dilarutkan dengan satu gelas air atau yogurt.

Meski begitu, Anda dapat mengatasi susah buang air besar dengan cara alami. Nah, berikut ini beberapa cara alami mengobati susah buang air besar di rumah.

  1. Menambah asupan serat

Menambah asupan serat dalam makanan yang Anda konsumsi dapat memperlancar pencernaan dan membuat tekstur kotoran menjadi lebih padat, sehingga kotoran lebih cepat terdorong keluar dari usus. Beberapa pilihan makanan berserat yang baik dikonsumsi untuk mengatasi susah buang air besar adalah buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

  1. Mengonsumsi air putih lebih banyak

Kurang minum air putih bisa membuat kotoran di dalam saluran cerna mengeras, sehingga sulit dikeluarkan saat BAB. Untuk mengatasi sembelit, Anda bisa minum air putih atau air mineral setidaknya 8 gelas per hari. Selain untuk mengatasi susah buang air besar, minum air yang cukup juga dapat menjauhkan Anda dari dehidrasi. Kebutuhan air di dalam tubuh dapat diukur dengan melihat warna urine.

  1. Memperbanyak aktivitas fisik atau olahraga

Olahraga atau latihan fisik dapat meningkatkan pergerakan otot di saluran cerna atau usus. Oleh karena itu, Anda dapat rutin berolahraga, misalnya dengan berjalan kaki di sekitar halaman rumah selama 15–30 menit setiap hari untuk melancarkan pencernaan dan mengatasi keluhan susah buang air besar.

  1. Menghindari kebiasaan menahan buang air besar

Sediakan waktu yang cukup untuk buang air besar. Hindari terburu-buru apalagi menunda-nunda saat ingin buang air besar. Membentuk kebiasaan tersebut dapat membantu memperlancar buang air besar.

  1. Menggunakan garam Epsom

Garam Epsom atau yang lebih dikenal dengan garam inggris juga dapat digunakan untuk mengatasi susah buang air besar. Kandungan magnesium sulfat pada garam Epsom jika dilarutkan dalam air dapat mengatasi sembelit jangka pendek. Anda dapat melarutkan sekitar 3–5 sendok teh garam inggris ke dalam 250 ml air putih hangat, kemudian aduk rata dan diminum. 

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun dapat membuat tinja lebih lunak, sehingga buang air besar lebih lancar. Anda bisa mencampur satu sendok makan extra virgin olive oil pada segelas air jeruk untuk kemudian diminum. Selain itu, minyak zaitun dapat digunakan sebagai campuran salad. Namun, perlu diingat bahwa minyak zaitun sebaiknya tidak digunakan untuk mengatasi masalah susah buang air besar dalam jangka panjang.

  1. Mengonsumsi kafein

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi, teh, dan coklat hitam dapat merangsang otot-otot dalam sistem pencernaan untuk berkontraksi. Efek ini membuat kafein dapat melancarkan pencernaan dan merangsang Anda untuk buang air besar. Meski demikian, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi kafein secara berlebihan. 

Nah, itulah beberapa cara mengatasi susah buang air besar selain mengonsumsi Lacidofil. Jika kondisi tidak kunjung membaik, sebaiknya periksakan kondisi Anda ke dokter, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *