Menu Close

Mengenal Kandungan Obat Urdafalk Untuk Obati Batu Empedu

Batu empedu umum dimiliki oleh banyak orang, biasanya tidak bergejala dan tidak cukup serius. Batu empedu adalah batu kecil yang terbuat dari kolesterol dan terbentuk di kantong empedu. Namun, jika batu tersebut terperangkap di lubang atau saluran di dalam kantong empedu, dapat memicu rasa sakit tiba-tiba dan intens di perut. Rasa sakit tersebut biasanya terjadi selama 1 sampai 5 jam.

Saat batu empedu menimbulkan komplikasi dan gejala yang serius, maka Anda harus berhati-hati. Kondisi ini dikenal sebagai penyakit batu empedu atau cholelithiasis. Batu empedu biasanya dapat diobati dengan mudah seperti minum obat medis atau alami. Namun, dalam kasus yang parah penyakit batu empedu memerlukan operasi. 

Urdafalk tablet adalah obat untuk mengurangi kadar kolesterol

Salah satu obat untuk mengobati batu empedu adalah obat Urdafalk. Obat ini bekerja guna mengurangi penyerapan kolesterol dan melarutkan batu empedu kolesterol pada pasien. Obat Urdafalk mengandung Ursodeoxycholic acid yang merupakan salah satu zat aktif penghancur empedu. 

Jika Anda masih asing dengan obat ini, berikut SehatQ berikan penjelasan singkat tentangnya.

Penyakit batu empedu

Mengutip dari WebMD, batu empedu adalah batu kecil atau potongan bahan padat yang terbentuk di kantong empedu Anda, di bawah hati. Penyakit ini dinamakan cholelithiasis. Kantong empedu berfungsi menyimpan dan melepaskan empedu. Ukuran batu empedu berkisar sebutir pasir hingga sebesar bola golf.

Penyebab dan gejala batu empedu

Penyebab terjadinya batu empedu diperkirakan karena adanya ketidakseimbangan dalam susunan kimiawi empedu di dalam kantong empedu. Dalam kebanyakan kasus, kadar kolesterol dalam empedu menjadi terlalu tinggi sehingga membentuk batu.

Sedangkan gejalanya dapat meliputi:

  • Nyeri di perut bagian atas, keseringan di sebelah kanan, tepat di bawah tulang rusuk, 
  • Nyeri di bahu atau punggung kanan,
  • Sakit perut
  • Muntah dan masalah pencernaan lainnya, termasuk gangguan pencernaan, mulas, dan gas

Jika terjadi gejala infeksi dan peradangan serius seperti di bawah ini, Anda disarankan untuk segera menemui dokter. Gejala serius berupa:

  • Sakit perut yang berlangsung hingga beberapa jam
  • Demam dan kedinginan
  • Mata dan kulit berwarna kuning
  • Urin gelap dan kotoran berwarna terang

Obat Urdafalk sebagai pengobatan batu empedu

Untuk mengatasi batu empedu dapat dilakukan dengan pengobatan atau melalui prosedur operasi. Salah satu pengobatan batu empedu tanpa operasi adalah dengan mengonsumsi obat Urdafalk. Namun perlu diketahui bahwa obat ini adalah obat keras dan harus berdasarkan resep dokter. 

Obat Urdafalk bekerja untuk mengurangi penyerapan kolesterol serta melarutkan batu empedu yang terbuat dari kolesterol pada pasien untuk menghilangkan batu empedu tersebut. Terdapat kandungan zat aktif dalam obat Urdafalk untuk membantu memecah batu tersebut. kandungan ini dinamakan Ursodeoxycholic acid. Obat Urdafalk biasanya dijual dalam bentuk tablet. Komposisinya terdiri dari Ursodeoxycholic acid 250 mg dan diproduksi oleh Darya Varia Laboratoria.

Zat aktif Ursodeoxycholic acid untuk batu empedu

Zat aktif Ursodeoxycholic acid atau asam Ursodeoksikolat digunakan untuk melarutkan batu empedu sebagai alternatif pengobatan batu empedu tanpa harus menjalani prosedur bedah untuk mengangkat kantong empedu. Zat aktif asam Ursodeoksikolat hanya bekerja untuk batu empedu yang terbuat dari kolesterol dan berukuran kecil. 

Di samping itu, asam Ursodeoksikolat juga digunakan oleh pasien penderita obesitas yang sedang menjalani program penurunan berat badan (diet) untuk mencegah timbulnya batu empedu. Fungsi lain kandungan ini adalah untuk mengobati gangguan autoimun yang menyebabkan masalah pada hati dan membuatnya tidak berfungsi dengan baik atau disebut juga penyakit primary biliary cirrhosis (PBC),.

Efek samping, interaksi dan kontra indikasi Ursodeoxycholic acid

Efek samping dapat terjadi maupun tidak setelah konsumsi obat dengan kandungan ini. Efek samping yang kemungkinan muncul adalah, sakit kepala, pusing, mual, diare, sembelit, hidung tersumbat, sakit perut ringan, bersin, rambut rontok, gatal atau ruam ringan.

Hindari kandungan obat ini jika Anda dalam kondisi:

  • Peradangan akut kantong empedu atau saluran empedu, 
  • Penyakit radang usus dan hati, 
  • Kantong empedu yang tidak berfungsi, 
  • Batu pada saluran kemih yang terlihat (batu radioopak) maupun tidak terlihat (batu radiolusen) dengan pemeriksaan sinar X, 
  • batu kolesterol yang mengalami klasifikasi, 
  • Batu pada saluran empedu
  • Kolesistitis akut yang tidak mengalami remisi
  • Peradangan pada saluran empedu atau kolangitis
  • Peradangan maupun kondisi lain pada usus halus

Sedangkan untuk obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat Urdafalk yang mengandung asam Ursodeoksikolat ini, adalah Antasida yang mengandung aluminium, sekuestran asam empedu (misalnya kolestiramin dan kolestipol), dan arang, clofibrate, estrogen, dan kontrasepsi oral serta Cyclosporin. Penggunaan obat-obat tersebut secara bersamaan akan menurunkan efektivitas obat tersebut. 

Batu empedu dapat diobati dengan penggunaan obat-obatan sebagai alternatif pengobatan dengan prosedur bedah. Salah satunya adalah dengan obat Urdafalk yang mengandung asam Ursodeoksikolat. Obat ini bersama dengan kandungannya melarutkan dan menghancurkan batu empedu. 

Namun perlu juga untuk diketahui mengenai kondisi Anda sebelum mengonsumsi obat ini. Kondisi tertentu mempengaruhi boleh tidaknya mengonsumsi obat ini dan dosisnya. Selalu konsultasikan ke dokter sebelum menggunakannya. Obat Urdafalk atau merek lainnya yang mengandung Ursodeoksikolat tidak jual bebas karena adalah obat keras dengan resep dokter.

Dapatkan obat Urdafalk yang bisa bantu atasi penyakit batu empedu ini di Toko SehatQ. Jangan lupa untuk melampirkan resep dari dokter Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *