Menu Close

Ketahui Prosedur USG Testis di Klinik Prodia Kudus

USG atau ultrasonografi testis yang merupakan salah satu layanan dari Klinik Prodia Kudus adalah tes diagnostik yang digunakan untuk mendapatkan gambaran testis dan jaringan disekitarnya yang berada di dalam skrotum. Testis merupakan organ reproduksi pria yang utama. Testis berfungsi untuk menghasilkan sperma dan hormon seks pria yaitu testosteron. 

Ultrasonografi sendiri merupakan prosedur yang aman, tanpa rasa sakit, dan non-invasif. Prosedur ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk menghasilkan gambar organ di dalam tubuh.

USG testis yang merupakan salah satu layanan di Klinik Prodia Kudus pada umumnya menggunakan probe atau transduser. Perangkat genggam ini mengubah energi dari satu bentuk ke bentuk lainnya. Energi ini bergerak melawan bagian tubuh  yang ditargetkan dalam gerakan menyapu. Transduser memancarkan gelombang suara saat bergerak melintasi tubuh. Transduser tersebut kemudian menerima gelombang suara saat memantul dari organ dalam serangkaian gema. Kemudian, komputer memproses gema menjadi gambar pada monitor video. Jaringan normal dan abnormal akan mengirimkan berbagai jenis gema. Seorang ahli radiologi dapat menafsirkan gema untuk membedakan antara kondisi jinak seperti kumpulan cairan di sekitar testis dan massa padat yang bisa menjadi tumor ganas.

Kegunaan USG Testis

Ultrasonografi testis yang merupakan salah satu layanan dari Klinik Prodia Kudus adalah metode pencitraan utama yang digunakan untuk mengamati dan mendiagnosis kelainan pada testis. Dokter dapat merekomendasikan USG testis untuk:

  • verifikasi apakah benjolan di skrotum atau testis padat, yang menunjukkan tumor, atau berisi cairan, yang menunjukkan kista
  • menentukan hasil trauma pada skrotum 
  • mengevaluasi kemungkinan torsio testis, yang merupakan suatu pertanda testis bengkok
  • mengidentifikasi sumber rasa sakit atau pembengkakan di testis 
  • mendeteksi dan mengevaluasi varikokel, yang merupakan varises vena spermatika
  • menilai penyebab infertilitas
  • menemukan lokasi testis yang tidak turun.

Gema ultrasound tersebut dapat memberikan gambar diam atau bergerak secara real-time. Data dari gambar bergerak ini berguna dalam memeriksa aliran darah ke dan dari testis.

Setiap testis terhubung ke seluruh tubuh melalui tali sperma. Tabung ini berisi arteri dan vena. Tabung juga termasuk vas deferens, yang membawa sperma dari testis ke uretra. Selanjutnya, dokter dapat mempelajari aliran darah di testis untuk menemukan penyempitan atau penyumbatan yang mengganggu aliran air mani dan menghambat kesuburan.

Risiko USG Testis

Ultrasonografi testis cenderung tidak menimbulkan risiko kesehatan apapun. Tidak ada paparan radiasi selama prosedur. Namun, Anda mungkin mengalami peningkatan rasa sakit atau ketidaknyamanan selama prosedur jika Anda memiliki masalah testis tertentu, seperti torsio testis atau infeksi.

Prosedur USG Testis

USG testis biasanya merupakan prosedur rawat jalan yang dilakukan di departemen radiologi rumah sakit atau di kantor dokter. Pada umumnya, USG testis hanya membutuhkan waktu sekitar 20 hingga 30 menit. USG testis melibatkan langkah-langkah sebagai berikut.

Persiapan USG Testis

Anda perlu berganti pakaian rumah sakit, dan biasanya tidak akan menerima obat penenang, anestesi, atau agen mati rasa topikal. Kemudian Anda akan diminta untuk berbaring telentang dengan kaki terbuka. Teknisi USG testis dapat menempatkan handuk di bawah skrotum agar tetap terangkat. Mereka mungkin menempatkan pita lebar di paha dan di bawah skrotum untuk mengangkat skrotum. Selama prosedur USG testis dilakukan, Anda harus berbaring diam.

Teknik Pencitraan

Teknisi kemudian akan mengoleskan gel berbasis air hangat ke testis. Gel ini akan memungkinkan transduser meluncur di atas tubuh. Gel tersebut juga berfungsi untuk memfasilitasi konduksi gelombang suara.

Teknisi akan menggeser transduser di sekitar skrotum, bergerak maju mundur. Anda mungkin merasakan tekanan saat teknisi mendorongnya dengan kuat ke tubuh Anda. Anda mungkin merasa tidak nyaman jika ada tekanan pada area di mana Anda mengalami nyeri tekan karena kelainan. Teknisi kemudian akan memposisikan transduser pada tubuh Anda dari sudut yang berbeda.

Setelah Prosedur USG Testis

Teknisi kemudian akan menyeka gel dari tubuh Anda setelah prosedur. Setelah pelaksanaan USG testis Anda selesai, Anda dapat melanjutkan aktivitas dan diet normal Anda, serta tidak diperlukan waktu pemulihan.

Untuk Anda yang memerlukan prosedur USG testis, Anda bisa mendapatkannya di rumah sakit atau klinik terdekat di rumah Anda seperti Klinik Prodia Kudus yang berlokasi di Jalan Kyai H. Wachid Hasyim No. 75, Krajan, Panjunan, Kec. Kota Kudus, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah 59313. Klinik Prodia Kudus memiliki jam operasional yaitu Senin sampai Sabtu pukul 07.00-17.00.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *